Penyakit Asma dan Pengobatannya

asmaAsma adalah penyakit yang mengganggu saluran pernapasan dan paru-paru. Asma adalah penyakit kronis (terus-menerus, jangka panjang) yang membuat sulit bernapas. Pada saat terjadi serangan asma, terjadi pembengkakan di dalam saluran pernapasan dan menyebabkan dinding bagian dalam saluran napas membengkak. Pembengkakan ini mengecilkan ukuran saluran udara, sehingga menyebabkan sulitnya pertukaran udara yang cukup untuk bernapas dengan baik. Pada saat ini terjadi, mulai muncul gejala seperti batuk, wheezing (bunyi khas asma yang mencuit-cuit) dan perasaan sesak.

Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan. Pengendalian asma bisa dilakukan dengan lebih baik jika asma cepat diketahui dan pengobatan segera dimulai. Dengan pengobatan yang benar, orang dengan asma bila mengurangi serangan asma dan mengendalikan tingkat keparahan asma. Tanpa pengobatan, serangan asma bisa lebih sering terjadi dan bahkan serangan yang parah bisa menyebabkan kematian.

Serangan asma merupakan reaksi terhadap sebuah pemicu. Pemicu asma mungkin saja berbeda untuk setiap penderita asma. Pemicu asma yang umum di antaranya :

- Mengisap asap rokok atau kayu bakar
- Menghirup udara berpolusi
- Menghirup iritan saluran napas lain seperti parfum atau bahan pembersih (sabun, desinfektan)
- Menghirup zat penyebab alergi seperti jamur, debu, atau rambut binatang.
- Infeksi saluran pernapasan seperti batuk, pilek, sinusitis atau bronkitis
- Terkena udara dingin atau panas
- Kelelahan fisik atai olahraga
- Menstruasi

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk meringankan serangan asma. Penggunaan obat untuk asam harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. biasanya, penderita asma akan diberi dua macam obat asma :

- Obat pengendali

Obat ini untuk pengendalian jangka panjang asma secara terus-menerus. Obat ini mengurangi pembengkakan di paru-paru yang menyebabkan serangan asma. Obat jenis ini dikonsumsi setiap hari, walaupun sedang tidak ada serangan asma.

- Obat penyelamat

Obat ini untuk pengendalian jangka pendek asma. Obat ini dikonsumsi jika mengalami serangan asma.

Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya serangan asma dapat dilakukan dengan :

- Kenali pemicu asma dan hindari sebisa mungkin
- Jika merokok, berhentilah
- Jangan minum obat batuk untuk asma. Obat batuk tidak membantu asma dan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan
- Aspirin dan ibuprofen pada beberapa penderita asma menyebabkan asma menjadi lebih parah. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Asma Untuk Meringankan dan Mengobati Penyakit Asma Beserta Gejalanya, Serta Memperlonggar Saluran Napas, Anti Peradangan, Antibiotik Alami, Analgesik dan Memperbaiki Organ Yang Rusak, Produk Herbal, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Jenis-Jenis Penyakit Asma, Pemcegahan dan Pengobatan Asma Pada Anak, Penatalaksanaan Asma, Penyakit Asma and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>