Asma Bronkial

Asma bronkial atau disebut juga bengek adalah suatu penyakit kronis yang ditandai dengan adanya peningkatan kepekaan saluran napas terhadap berbagai rangsang dari luar (debu, serbuk bunga, udara dingin, makanan dll) yang menyebabkan penyempitan saluran napas yang meluas dan dapat sembuh spontan atau dengan pengobatan. Keadaan ini dapat menyebabkan gejala sesak napas, napas berbunyi dan batuk yang sering disertai dengan lendir. Keadaan yang berat dapat menimbulkan kegagalan pernapasan sampai kematian. Sebagian besar asma pada anak adalah karena alergi. Penyakit asma pada anak mempunyai dampak yang luas terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Kekurangan oksigen yang menahun oada anaj dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan badan maupun intelektualnya.

Gejala asma adalah adanya sesak napas yang berulang disertai napas berbunyi. Batuk kering merupakan gejala awal yang biasanya terjadi pada malam dan menjelang pagi hari. Selanjutnya batuk disertai dahak yang kental. Gejala ini sering disertai pilek-pilek (rhinitis alergika). Gejala ini biasanya terjadi 4-8 jam kontak dengan bahan alergen seperti debu rumah dan tungau (binatang kecil), serbuk bunga, bulu binatang dll. Gejala asma juga dapat dicetuskan oleh latihan  fisik.

Untuk asma ada dua jenis obat  yang akan diberikan kepada anak oleh dokter yaitu obat untuk mencegah timbulnya serangan asma dan obat controller, lebih bersifat untuk mencegah timbulnya serangan asma. Obat ini bekerja dengan jalan mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi di seluruh napas anak sehingga anak akan lebih mudah untuk bernapas. Obat kedua adalah obat yang reliever digunakan untuk mengatasi serangan asma. Bekerja cepat dengan jalan melemaskan otot-otot saluran pernapasan, sehingga lebih mudah bernapas. Obat-obatan ini sering diberikan dalam bentuk inhaler (hirupan) baik sendiri-sendiri atau bersamaan. Namun juga bisa dalam bentuk kapsul dan pil. Konsultasikan selalu dengan dokter mengenai obat-obatan tersebut. Penanganan asma yang terpenting adalah pencegahan terjadinya serangan asma.

Serangan asma yang timbul dapat sangat menakutkan bagi sebagian orangtua. Tetaplah tenang dan lakukan langkah berikut ini :

  1. Berikan anak obat reliever. Obat ini bekerja dengan sangat cepat (kurang dari 10 menit) untuk melapangkan jalan napasnya.
  2. Dudukkan anak, lalu minta anak bernapas secara perlahan.
  3. Bila tidak ada tanda-tanda perbaikan, atau bahkan memburuk segera bawa anak ke dokter.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Asma Untuk Meringankan dan Mengobati Penyakit Asma Beserta Gejalanya, Serta Memperlonggar Saluran Napas, Anti Peradangan, Antibiotik Alami, Analgesik dan Memperbaiki Organ Yang Rusak, Produk Herbal, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Pemcegahan dan Pengobatan Asma Pada Anak and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>